Ikhtiar Ibunda Hajar


[ IKHTIAR IBUNDA HAJAR ]
“Yang penting ikhtiar dulu, hasilnya kita serahkan ke Allah saja”

Pernah gak sih bicara seperti itu ke diri sendiri atau ke orang lain perihal ikhtiar/ usaha? Jika pernah maka itu bagus, sebab ada kerja keras untuk mendapatkan sesuatu yag diinginkan. Oh ya, jika bicara soal ikhtiar pasti ingat dong kisah seorang ibu hebat yang mencarikan minum untuk anaknya ?. Ini kisah tentang ibunda Siti Hajar yang berlari-lari dari Safa ke Marwah untuk mencari air ketika Nabi Ismail yang menangis kehausan? InsyaAllah sahabat muslim pertanian tau ya..

Dikisahkan bunda Hajar berlari dari bukti Safa ke bukit Marwah, bolak-balik sebanyak 7 kali untuk mencari air. Entah dari oase atau kafilah dagang yang melintas. Berlari, hanya inilah wujud ikhtiar yang bisa beliau lakukan. Karena hanya itu yang mampu beliau lakukan di tengah panasnya padang tandus tanpa bekal apapun.

Tapi apakah solusinya ada di rute antara Safa dan Marwah?. Ternyata tidak. Mata air yang menjadi solusi justru muncul di dekat kaki Nabi Ismail. Bukan oase atau bantuan kafilah dagang yang didapatkan, tapi sumur zam-zam yang airnya terus mengalir deras sampai saat ini.

Dari kisah ini dapat diambil hikmah bahwa dalam ikhtiar hasil memang penting, tapi bukan yang utama, sahabat. Dalam firmanNya
“Dan katakanlah: Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu”,

Allah hanya menyuruh kita untuk bekerja, bukan berhasil. Karena urusan hasil murni ranah kekuasaan Allah. Belajar dari kisah Bunda Hajar, di mana sumur zam-zam yang menjadi solusi tidak muncul di rute antara Safa dan Marwah, begitu pula ikhtiar kita. Keajaiban tidak selalu muncul dari ikhtiar yang kita lakukan. Tidak juga selalu datang seketika itu juga. Allah ingin tahu kesungguhan kita dalam mengejar sesuatu.

Intinys ialah, selalu yakinkan dalam diri kita bahwa Allah Maha Baik dan tidak akan menghianati hambaNya yang bersungguh-sungguh. Terus usahakan yang terbaik, meskipun hasil tak selalu baik 

Ketika hasil yang kita harapkan belum datang, jangan sampai terbesit prasangka buruk pada Allah. Tetaplah berusaha sesuai apa yang kita bisa, jangan lupa iringi dengan doa dan tawakkal, OK? Sahabat muslim pertanian punya cerita kehidupan soal ikhtiar? Yuk share di komen..

FORSIKA
Lebih Dekat Bersahabat
==============
Kabinet Express
#InAction
#MuslimahPenentuPeradaban
#KemuslimahanForsika
================
Line        : @fyg0468j
Fb           : Muslim Pertanian
Ig            : @MuslimPertanian
Youtube : FORSIKA FP UB
Web       : Forsika.fp.ub.ac.id

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *