Persiapan Menyambut Ramadhan


168852Bulan yang penuh berkah itu akan datang segera, Bulan dimana dengan ibadah kepada Allah Subhanau wa Ta’ala pahala yang kita dapatkan berlipat ganda. Maka sepantasnya kita sebagai seorang muslim untuk menyongsong bulan ini dengan penuh kegembiraan. Karena seorang mukmin dan seorang muslim bergembira ketika ia dapat mentaati RabbNya.

Di antara manusia, dengan datangnya bulan Ramadhan ada yang dijadikan hatinya berat untuk melaksanakan ibadah yang mulia ini, hal itu karena di dalam hatinya banyak sekali dosa dan penyakit kemunafikan.Allah mengancam para pelaku seperti dalam potongan ayat berikut

إِنَّ الْمُنَافِقِينَ فِي الدَّرْكِ الأَسْفَلِ مِنَ النَّارِ وَلَن تَجِدَ لَهُمْ نَصِيرًا

Artinya : “Sesungguhnya orang-orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari neraka. dan kamu sekali-kali tidak akan mendapat seorang penolongpun bagi mereka.” (QS. An Nisaa : 145)

Semoga kita senantiasa meminta kepada Allah supaya Allah membantu kita di dalam ibadah puasa dan dijauhkan dari sifat kemunafikan. Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan sebuah do’a kepada sahabat Mu’adz bin Jabal radhiyallahu ‘anhu:

للَّهُمَّ أَعِنِّي عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ

“Ya Allah, bantu aku untuk berzikir, bersyukur, dan memperbaiki ibadah kepadaMu.”

Banyak orang yang puasanya tidak dibantu oleh Allah, sehingga ia habiskan waktunya untuk hal-hal yang tidak ada manfaatnya.Banyak orang yang puasanya tidak dibantu oleh Allah, sehingga pada waktu itu ia terus menerus berbuat maksiat kepada Allah. Na’udzubillahi mindzalik. Maka dari itu, kita harus senantiasa memohon pertolongan kepada Allah agar kita dibantu dalam melakukan ibadah di bulan Ramadhan yang akan segera datang ini.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *