Tips Menjadi Muslimah Produktif


[ TIPS MENJADI MUSLIMAH PRODUKTIF ]

Assalamu’alaikum ikhwah…
Gimana minggu pertama kuliahnya? Sudah tebiasa dengan rutinitas kampus belum? Atau masih terngiang-ngiang dengan nikmatnya istirahat dirumah? Biasanya sih di minggu ini masih banyak waktu senggang, karena belum ada tugas atau laporan praktikum.
Waktu kosongnya dipakai buat apa nih? Nonton drama? jalan-jalan? Atau sibuk mempelajari materi perkuliahan? Banyak sih yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu kosong. Tapi apakah itu cukup bermanfaat? Ataukah justru sia-sia? Ada tips nih tentang cara agar bisa menjadi muslimah yang produktif. Yuk disimak!!

Sebagaimana yang dimuat dalam SISTERS Magazine dan dimuat ulang oleh Saudari Lotifa Begum di Productive Muslim pada Rabu (12/4/2014), dijelaskan bahwa Muslimah Produktif adalah wanita yang menggunakan semua sumber daya di sekelilingnya dengan misi untuk menjalani hidupnya agar menjadi bermutu, dan pada akhirnya berusaha untuk mencapai kedudukan tertinggi di Jannah. Sekali seorang Muslimah di dunia dipersenjatai dengan pedoman ini, ia bisa mencapai beberapa hal besar atas izin Allah SWT.

Keren banget kan? Berikut ini langkah-langkahnya:
1. Milikilah niat yang tulus
Kerja keras yang diawali dengan niat tulus In Syaa Allah dapat memberikan manfaat dan berkah dalam setiap tindakan kita.
2. Carilah pengetahuan
Ada ungkapan bahwa jika kita mendidik seorang pria, sama dengan kita mendidik suatu individu, tetapi jika kita mendidik seorang wanita, sama halnya dengan kita mendidik sebuah bangsa. Artinya, sangatlah penting bagi seorang muslimah untuk memiliki pengetahuan yang tinggi.
3. Rencanakanlah waktu secara efektif
Ibnu Qayyim Al-Jawziyyah mengatakan: “Jika Allah menginginkan kebaikan untuk hamba-Nya, Dia menolongnya dengan waktu dan membuat waktunya sebagai penolong baginya.’
4. Refleksikan diri
Dengan merefleksikan diri, kita bisa bersikap lebih kritis tentang bagaimana kita bisa menggunakan waktu dengan lebih baik untuk hari berikutnya.
5. Berusaha agar bermanfaat bagi orang lain
Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda: ‘Yang terbaik diantara kalian adalah mereka yang bermanfaat bagi umat.’ [HR Bukhari]. Selalu bertanya pada diri sendiri: ‘Akankah tindakan saya bermanfaat bagi orang lain?’ Ini akan membantu kita untuk memutuskan tindakan apa yang akan kita lakukan.
6. Bertawakallah pada Allah
Selain bekerja keras, muslimah produktif harus selalu sadar bahwa keberhasilan dalam mencapai tujuan hanya akan datang dari Allah SWT. Fokus pada produktivitas spiritual adalah bahan rahasia untuk menjadi sukses.

Wahh, gimana nih? Sudah ada gambaran belum tentang bagaimana untuk menjadi muslimah yang produktif? Semoga kita bisa lebih bijak dalam betindak dan memanfaatkan setiap kesempatan yang Allah berikan. Semoga kelak kita bisa menjadi muslim yang beruntung baik di dunia maupun di akhirat/ Aamiin..

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

FORSIKA
Lebih Dekat Bersahabat
==============
Kabinet Express
#InAction
#MuslimahPenentuPeradaban
#KemuslimahanForsika
================
Line        : @fyg0468j
Fb          : Muslim Pertanian
Ig           : @MuslimPertanian
Youtube : FORSIKA FP UB
Web       : Forsika.fp.ub.ac.id

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *